Rabu, 30 Maret 2011

Tujuan Bank Syariah

Bank syariah mempunyai beberapa tujuan, di antaranya sebagai berikut (Sudarsono, 2005: 43):
  1. Mengarahkan kegiatan ekonomi umat untuk ber-muamalat secara Islam, agar terhindar dari praktek-praktek riba atau jenis-jenis usaha yang mengandung unsure gharar (tipuan), da juga dapat menimbulkan dampak negative terhadap kehidupan ekonomi rakyat.
  2. Untuk menciptakan suatu keadilan dalam bidang ekonomi dengan jalan meratakan pendapatan melalui kegiatan investasi, agar tidak terjadi kesenjangan yang amat besar antara pemilik modal dengan pihak yang membutuhkan dana.
  3. Untuk meningkatkan kualitas hidup umat dengan jalan membuka peluang berusaha yang lebih besar terutama kelompok miskin, yang diarahkan kepada kegiatan produktif, menuju terciptanya kemandirian usaha.
  4. Untuk menanggulangi masalah kemiskinan yang pada umumnya merupakan program utama dari Negara-negara yang sedang berkembang. Upaya bank syariah di dalam menetaskan kemiskinan ini berupa pembinaan nasabah yang lebih menonjolkan sifat kebersamaan.
  5. Untuk menjaga stabilitas ekonomi moneter. Dengan aktivitasnya bank syariah mampu menghindari pemanasan ekonomi akibat inflasi, menghindari persaingan yang tidak sehat.
  6. Untuk menyelamatkan ketergantungan umat Islam terhadap bank non-Islam.

2 komentar: